♪GB.4 : 1 – Berdoa

Kisah Para Rasul 7:30 – 34
Aku telah memperhatikan dengan sungguh kesengsaraan umat-Ku di tanah Mesir, dan Aku telah mendengar keluh kesah mereka, dan Aku telah turun untuk melepaskan mereka; karena itu marilah, engkau akan Kuutus ke tanah Mesir (ay. 34)

Allah peduli segala persoalan yang kita hadapi. Tak akan pernah dibiarkannya ‘ku bergumul sendiri. S’bab Allah mengerti.” Penggalan syair lagu Allah Peduli yang pernah dinyanyikan oleh almarhum Mike Mohede ini menggambarkan kepedulian Allah terhadap Israel yang berada di Mesir sebagai budak dengan penderitaan yang dialami. Tuhan tidak hanya memperhatikan dan mendengar kesengsaraan Israel, tetapi Tuhan juga bertindak untuk ‘melepaskan’. Untuk itu Tuhan memanggil Musa yang diutus ke Mesir untuk melaksanakan rencana Tuhan melepaskan Israel.

Kepedulian Tuhan terhadap umat-Nya terus berlangsung hingga hari ini. Covid 19 menjadi pandemi yang menghantam dan menata ulang kehidupan manusia dan memberikan dampak pada kesehatan, psikologi, sosial dan ekonomi. Ketakutan dan kecemasan luar biasa menghadang kehidupan manusia. Banyak orang kehilangan anggota keluarga yang mereka kasihi, mengalami krisis ekonomi, tertekan karena situasi yang mencemaskan. Memang sampai saat ini virus covid 19 masih ada, tetapi telah ada vaksin sebagai upaya untuk mengatasi penyebaran covid 19. Kita harus melihat hal ini sebagai wujud kepedulian Tuhan atas kehidupan manusia di setiap saat dengan situasi dan pergumulan yang berbeda.

Tuhan memperhatikan kesengsaraan manusia, dan berkuasa melepaskan kita dari belenggu covid 19. Dalam kasih-Nya Allah peduli terhadap kondisi kesehatan, keadaan ekonomi, pergumulan tentang anak-anak, pekerjaan dan usaha, bahkan relasi kita dengan yang lain. Tuhan sangat peduli untuk menolong kita dan tidak pernah membiarkan kita. IA berkenan hadir dan menolong untuk ‘melepaskan’ kita dari semua hal yang menekan dan membelenggu kita. Tuhan memiliki banyak cara untuk menolong, karena itu tak perlu cemas dan takut. Saat keadaan menekan hidup kita, berserulah memanggil nama Tuhan.

♪GB. 218 : 1, 2

Doa : (Ya Tuhan, tolong jadikanlah kami kuat menghadapi setiap tantangan dan pergumulan kehidupan, karena Engkau selalu peduli)