♪GB.71 : 1 – Berdoa

Kisah Para Rasul 7:17 – 22
Dan Musa dididik dalam segala hikmat orang Mesir, dan ia berkuasa dalam perkataan dan perbuatannya (ay.22)

Ketika kita bergumul dan merasa tidak ada jalan keluar, yakinlah bahwa Tuhan berkuasa membuka jalan. Tidak ada yang dapat menghalangi rancangan Tuhan dalam kehidupan umat-Nya. Tuhan pasti menepati janji-Nya. Bahkan Tuhan sanggup melakukan segala sesuatu yang melampaui pikiran manusia.

Orang Mesir berusaha untuk menghalangi pertumbuhan jumlah orang Israel dengan membunuh semua anak laki-laki Ibrani (Keluaran 2). Perkembangan jumlah orang Israel sebenarnya merupakan pemenuhan janji Allah atas Abraham, karena itu tidak ada yang dapat menghalangi. Musa seorang anak laki-laki Ibrani yang seharusnya dibunuh, malah diangkat menjadi anak oleh putri Firaun dan tinggal di istana. Musa di besarkan dan dididik dengan segala hikmat orang Mesir, bahkan berkuasa atas perkataan dan perbuatannya. Dengan cara-Nya, Tuhan mempersiapkan Musa untuk kebaikkan bangsa Israel.

Jika dalam kehidupan ini kita memiliki pergumulan yang seakan-akan tidak ada jalan keluar bahkan menghadirkan rasa takut dan kecemasan,maka jangan putus asa. Bangunlah pemahaman, bahwa hidup kita ada dalam rancangan Tuhan. Tuhan sanggup menolong. Ketika usaha kita tidak membuahkan hasil, maka serahkan semuanya dalam kendali dan kuasa Tuhan. Karena Tuhan mampu membalikkan keadaan. Tuhan dapat melakukan hal-hal luar biasa dalam kehidupan ini. Seperti ada ungkapan “Jika semua pintu tertutup, maka Tuhan akan membuka jendela-jendela, jika semua jendela tertutup, maka Tuhan akan membuka atap-atap, jika semua atap tertutup, Tuhan yang membongkar tembok”. Ungkapan ini mengingatkan sekaligus mengajarkan, bahwa Tuhan memiliki kuasa yang dahsyat, karena itu jangan takut. Tuhan yang memberikan kemerdekaan itu. Jadi biarkan diri kita merdeka dari semua kegalauan atas peristiwa di hari ini untuk dapat beristirahat dengan tenang di malam pemberian Tuhan.

♪GB.71 : 2

Doa : (Tuhan, mohon yakinkanlah diri ini akan kuasa-Mu yang besar dan kasih-Mu yang hebat, bahwa semuanya dapat dikendalikan oleh-Mu)