Rabu 14 Juli 2021

RENUNGAN MALAM

GB.118 : 1,2 – BERDOA

Matius 13 : 16-23

….Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya banyak nabi dan orang benar ingin melihat apa yang kamu lihat, tetapi tidak melihatnya dan ingin mendengar apa yang kamu dengar, tetapi tidak mendengarnya (ay.17)

 

      Ada anggapan warga gereja bahwa keberhasilan persekutuan, pelayanan dan kesaksian lebih ditentukan oleh adanya sarana dan prasarana (keuangan dan fasilitas). Nampaknya ini perlu dikoreksi. Keteguhan dan ketangguhan para pelayan Tuhan dalam menghadapi berbagai tantangan dan rintangan sesungguhnya adakah aset utama gereja. Itulah sebabnya, hargailah mereka.

         Tuhan Yesus mengatakan kepada para murid-Nya bahwa zaman Mesias telah begitu lama dinantikan oleh para nabi pada masa Perjanjian Lama. Itu sebabnya betapa bahagianya para murid kalau saat ini mereka telah memasuki zaman Mesias tersebut. Berkat-berkat di zaman Mesias itu antara lain penyembuhan berbagai penyakit, pengampunan dosa, pembenaran dan kedatangan Roh Kudus. Dari cerita perumpamaan ini dapat disimpulkan bahwa upaya mewujudkan Kerajaan Sorga oleh Tuhan Yesus di bumi tetap berhasil, walaupun banyak rintangan dan hambatan dan kita dapat melupakan kegagalan-kegagalan yang pernah kita hadapi dan alami. Kerajaan Sorga tidak akan pernah gagal dan pasti dapat menuai dengan berkelimpahan. Yesus mengajak para pengikut-Nya agar tidak berputus asa bila menghadapi tantangan dalam mengikuti-Nya.

          Pelaksanaan persekutuan, pelayanan dan kesaksian gereja seperti yang dilakukan dan dialami GPIB dari zaman ke zaman, selalu mendapat tantangan, rintangan dan hambatan. Meski diliputi banyak kekurangan dan keterbatasan para pelayan Tuhan yang setia tetap bersemangat, pantang mundur dan tidak berputus asa. Semua itu adalah jejak-jejak kekayaan yang patut kita syukuri, karena didasarkan pada pesan Tuhan Yesus kepada para murid-murid-Nya, dan Roh Kudus yang berkarya dalam diri para pelayan Tuhan yang setia itu. Inilah yang terlihat jelas tentang bagaimana kita hidup di zaman Mesianik atau pemerintahan Allah tersebut.

 

GB.115 : 1,2

Doa: (Ya Tuhan Yesus, tolonglah kami untuk selalu memusatkan perhatian dan pendengaran kami pada suara Tuhan saja)