Minggu 4 Juli 2021

     

 

RENUNGAN PAGI

GB. 155: 1,2- BERDOA

TUNJUKKAN IDENTITAS KRISTIANIMU

MATIUS 5: 13-16

Kamu adalah garam dunia. Kamu adalah terang dunia (ay.13a,14a)

” Memiliki dia identitas untuk diri sendiri adalah contoh kurangnya integritas”.  Pernyataan ini disampaikan oleh Mark Zuckerberg yang kita kenal sebagai pendiri Facebook. Pernyataan ini hendak menunjukkan realita kehidupan manusia yang tidak mampu memiliki integrasi yang kuat, karena tak bisa  untuk tetap setia mempertahankan identitas dirinya. Terkadang orang relatif tidak mampu mempertahankan identitasnya hanya karena takut untuk berjuang dan menghadapi risiko; sehingga cenderung menjadi pribadi yang memiliki dua identitas.

Sudahkan kehidupan orang percaya menunjukkan identitas Kristus dimanapun berada? Pengajaran Yesus di dalam teks berangkat dari realita, bahwa ada pengikutnya yang belum menunjukkan identitasnya sebagai murid-murid-Nya di tengah berbagai tantangan dan ancaman. Yesus menuntut kesalehan dari pengikut-Nya. Mereka harus mampu menunjukkan identitas dirinya sebagai pengikut Yesus dalam kondisi apapun.

Garam dan terang menjadi simbol yang digunakan oleh Yesus. Garam dan terang diperlukan oleh semua orang dalam hidup ini. Garam berfungsi untuk mengawetkan dan memberi rasa. Sedangkan  terang berfungsi memberikan cahaya, agar dapat membantu melihat arah yang benar. Ketika Yesus menggunakan garam dan terang sebagai sebuah identitas yang harus terlihat pada kehidupan orang percaya, maka para pengikut-Nya harus senantiasa siap berperan seperti yang dikehendaki-Nya bagi siapapun . Ia menghendaki kehidupan setiap pengikut-Nya senantiasa mampu mendatangkan kebaikan hidup bagi sesama dan lingkungan.

Bersama Yankes GPIB yang berulang tahun ke-19, kita siap berkarya sesuai pengajaran Kristus, guna mendatangkan kebaikan bagi sesama dan lingkungan. Caranya : 1) Jadikan Yesus sebagai pusat kehidupan, 2) Jadikan penderitaan sebagai anugerah dan bukan beban; dan 3) Ingatlah, bahwa makna karya keselamatan Kristus adalah sebuah pemberian tugas untuk meneruskan pekerjaab-Nya di dunia. Mari terus berjuang menjaga dan mempertahankan identitas Kristiani di sepanjang kehidupan selaku gereja Tuhan.

 

                                                                      GB.155: 3

             Doa: ( Tuhan, tolong mampukan kami mempertahankan identitas Kristiani)