Minggu 18 Juli 2021

RENUNGAN PAGI 

GB.281: 1 – BERDOA

KEMBANGKANLAH TALENTAMU!

Matius 25: 14-18

Ia menjalankan uang itu lalu beroleh lama lima talenta (ay.16)

     Perumpamaan tentang talenta dikisahkan oleh Tuhan Yesus. ada seorang tuan memanggil tiga orang hambanya sebelum ia pergi ke luar negeri. Tuan itu mempercayakan talenta (hartanya) kepada mereka untuk dikembangkan selama ia pergi. Ia mempercayakan kepada para hamba yang bekerja kepadanya dan sudah dikenalnya: yang seorang diberikan diberikan lima talenta, yang lain dua dan yang terakhir satu. Dikisahkan bahwa hamba yang menerima lima talenta pergi dan mengembangkannya, sehingga beroleh laba lima talenta. Hamba yang menerima dua talenta juga berbuat yang sama. Ia beroleh laba dua talenta. Hamba yang menerima satu talenta melakukan hal yang berbeda. Ia tidak mengembangkan talenta tuannya, melainkan menguburkan dan menyembunyikannya di dalam tanah.

Perumpamaan ini memiliki banyak makna. Salah satunya adalah terkait pengembangan potensi diri atau sumber daya yang kita miliki. Tuhan Yesus diumpamakan sebagai sang tuan yang pergi ke luar negeri. Kita adalah hamba-hamba yang telah diberi karunia-karunia Roh Kudus menurut kesanggupan kita masing-masing. Kemampuan, potensi diri atau Sumber Daya Insani yang kita miliki adalah karunia Tuhan. Banyak atau sedikit kemampuan kita, Tuhan mau kita mengembangkannya; jangan menguburkannya. Sebab ia akan meminta pertanggung jawaban saat Ia datang kembali.

Dari perumpamaan ini kita belajar memahami bahwa bukan jumlah talenta atau potensi yang terpenting. Terpenting adalah, apakah kita mau mengembangkannya atau tidak? Dunia ini terus berubah. Tatanan kehidupan yang ada pun menantang kita untuk selalu kreatif dan inovatif. Firman Tuhan mengingatkan kita untuk mengembangkan “talenta” yang telah diberikan dengan semaksimal mungkin. Dengan demikian, kehadiran kita sebagai orang percaya, tetap menjadi berkat bagi dunia.

 

GB.281 : 2

Doa: (Ya, Tuhan, ajarlah kami untuk terus mengembangkan talenta yang Engkau beri)