KAMIS 1 JULI 2021

HUT KE 40 YAPENDIK GPIB

                                              

 

RENUNGAN MALAM

   KJ.389: 1,2 – Berdoa

               UJILAH SEGALA SESUATU

     1 Tesalonika 5: 21-22

          Ujilah segala sesuatu… (ay.21-22)

Menutup keseluruhan nasihatnya di perikop ini ( 1 Tes 5: 12-22), Paulus, mengajak jemaat untuk membuka wawasan dalam menerima segala sesuatu sebagai bentuk pengajaran dalam kehidupan mereka. Karena mereka bukan hanya menerima pengajaran darinya sebagai rasul Allah tetapi di sekitar mereka hadir guru-guru palsu dan pengajaran mereka yang semuanya bertentangan dengan apa yang dikehendaki Allah dalam kehidupan umat-Nya. Paulus mengajak umat Tuhan agar tidak menerima begitu saja setiap ajaran yang diberikan kepada mereka, tetapi mereka harus menguji bentuk-bentuk pengajaran itu sehingga mereka tidak tersesat dalam kehidupan yang Tuhan berikan.

Memang ada banyak pengajaran yang mengatas-namakan Tuhan dan kehendak-Nya, namun perlu diingat bahwa setiap yang Tuhan kehendak dalam hidup umat-Nya mendatangkan sukacita dan damai sejahtera bagi semua orang bukan hanya segelintir orang saja. Hal yang penting bagi jemaat agar tidak tersesat adalah “peganglah yang baik dan jauhi yang jahat”, karena ajaran-ajaran yang sesat tidak pernah membawa umat hidup dalam kebaikan tetapi sebaliknya menyesatkan dan membawa umat terjebak dalam perbuatan jahat dan hal itu adalah kekejian bagi Tuhan. Peganglah yang baik karena Allah sumber kebaikan yang selalu menghadirkan kebaikan bagi umat-Nya. Ia pun menghendaki umat menyatakan kebaikan-Nya bagi sesama ciptaan Allah., bukan sebaliknya sebagaimana yang nampak di kehidupan saat ini. Ingat dan waspadalah ada banyak kejahatan yang dilakukan dengan dikemas bahwa itu sesuai kehendak Tuhan.

Ujilah setiap ajaran yang disampaikan kepada kita, apakah itu kehendak-Nya atau keinginan dunia. Semua wejangan yang Paulus sampaikan adalah ketetapan dari Allah guna kebaikan hidup umat yang dikasihi-Nya, dengarlah dan lakukan dalam hidup yang dianugerahkan-Nya (bdk Mat 7:21)

 

                                                                           KJ.389: 3,4

                                             Doa: ( Jadikan kami pelaku firman-Mu ya Tuhan)