Jumat 2 Juli 2021

RENUNGAN MALAM

GB. 277: 1,2- BERDOA

2 KORINTUS 12: 7-10

Tetapi jawab Tuhan kepadaku: “Cukuplah kasih karunia-Ku bagimu….(ay.9)

 

   Sikap kerendahan hati yang dimiliki Paulus tentu tidak datang dari kekuatan diri, tetapi karena tuntunan Roh Tuhan yang didapatnya dari kehidupannya setelah ia berjumpa dengan Tuhan (Kis 9: 1-18). Renungan malam ini menjelaskan bahwa ditengah kemampuan yang dimiliki Paulus tidak sedikit tantangan yang dia hadapi . Di tengah tantangan yang berat, Paulus melihat lebih jauh bahwa pernyataan yang digambarkan bagai “duri dalam daging” itu punya tujuan baik yaitu agar Paulus tidak mengandalkan kekuatan dan kemampuan yang ia miliki, tetapi berserah hanya kepada kehendak, kuasa dan kasih Tuhan. Dalam kerendahan hati, Paulus memaknai tantangan pelayanannya yang seperti “duri dalam daging” dengan berserah pada kehendak Allah.

 Tiga kali ia berseru meminta pertolongan Tuhan karena bagi Paulus “duri dalam daging” ini sangat menyiksa dirinya, dan Tuhan menjawabnya dengan penuh kasih yang menguatkan dia. Firman-Nya: “Cukuplah kasih karunia-Ku bagimu…”(ay.9). Kata “cukuplah” menunjukkan bahwa pertolongan Tuhan tidak pernah berkurang baginya. Kata “Kasih karunia-Ku” menandakan bahwa kuasa Ilahi dinyatakan Allah setiap waktu dengan tujuan memampukan Paulus memenuhi kerasulannya.

Paulus punya kelebihan juga kelemahan dalam setiap karya layan yang diemban. Kelebihan itulah talenta yang Allah berikan dan kelemahan itu tanda bahwa semua pribadi yang percaya perlu Allah dalam hidupnya yang menopang dengan kasih karunia-Nya dan manusia secara keseluruhan terlebih bagi kita yang percaya. Bahwa hidup ini bisa ada sebagaimana adanya semua karena belas kasih Allah bagi kita. Allah bisa memakai kelemahan diri utusan-Nya untuk menunjukkan kuasa-Nya yang besar, sehingga jangan putus asa tetapi juga jangan angkuh karena hanya Dia yang besar yang menopang hidup kita umatnya. 

                                                                     GB.277 : 3

              Doa: ( Terima kasih ya Tuhan, untuk kasih karunia yang Kau berikan bagi kami)