BERSATU DALAM KASIH

Hari Minggu XVI Ses. Pentakosta
Renungan Pagi, 17 September 2021

♪KJ.289 : 1,2 – Berdoa

Kolose 2 : 1 – 5
Supaya hati mereka terhibur dan mereka bersatu dalam kasih, sehingga mereka memperoleh segala kekayaan dan keyakinan pengertian, dan mengenal rahasia Allah, yaitu Kristus (ay. 2)

Selama masih diberikan nafas hidup oleh Tuhan, manusia akan selalu mengalami tantangan dan ancaman. Itu artinya, jangan pernah berpikir, bahwa hanya kita saja yang mengalami tantangan dan ancaman. Semua orang mengalaminya. Jadi, jangan menuntut orang lain untuk mengerti dan memahami kita. Kita juga harus belajar untuk mengerti dan memahami mereka. Agar bisa mengerti dan memahami sesama, maka kita harus mengenal mereka dengan benar.

Pengenalan terhadap sesama dapat terjadi Ketika ada sebuah interaksi dan komunikasi yang benar. Inilah yang dapat kita ketahui dalam kehidupan pelayanan Paulus dengan jemaat-jemaat yang dilayaninya, termasuk jemaat di Kolose. Situasi saat itu, ajaran-ajaran sesat mulai mempengaruhi kehidupan jemaat di Kolose dan di Laodikia. Mengetahui akan hal ini, maka Paulus menasihatkan mereka dengan menuliskan pengalaman pelayanan yang tidak mudah. Karena itu, Paulus meminta, agar mereka bersatu dalam kasih untuk dapat menghadapi ajaran-ajaran sesat. Paulus memberikan pemahaman, bahwa bersatu dalam kasih membuat mereka bisa saling mengerti juga memahami, sehingga dapat berjuang bersama untuk melewati tantangan dan ancaman dalam keteguhan iman kepada Kristus.

Kita harus belajar dari Rasul Paulus, yaitu memiliki kepedulian kepada sesama, khususnya saudara seiman. Kita harus saling mengingatkan dan menguatkan, terlebih dalam situasi saat ini. Banyak orang beriman mulai meragukan Yesus. Karena itu, kita harus bersatu dalam kasih, sehingga setiap orang yang beriman kepada Tuhan Yesus tidak ragu dalam mengatasi tantangan dan ancaman. Ingatlah! Kita tidak sendiri dalam menghadapi menghadapi apapun. Tuhan selalu menghadirkan orang-orang yang mengerti dan memahami pergumulan kita.

♪KJ.256 : 1

Doa : (Tuhan, tolong ajarkan kami untuk dapat bersatu dalam kasih. Karena sesungguhnya kami semua sedang berjuang)