SEJARAH SINGKAT

GPIB JEMAAT "JATIPON"

SITUASI PEMBANGUNAN PENGINJILAN (periode sebelum tahun 1978)

Pembangunan perumahan di DKI terutama sepanjang Kalimalang (dari By Pass – Masnaga) s/d 1976 belum merata.

PRA JEMAAT I (Periode tahun 1978 – 19 September 1979)

Pada bulan Maret 1978 (Sidang Umum MPR / ada pemindahan secara serentak penghuni dari Komplek Asrama Duri Roxy (Pakpus) ke Komplek Kodam (KPAD) Jatiwaringin yang memang sudah siap pakai.

PERAN KODAM V JAYA & GEREJA

Pembina rohani Protestan KODAM (ROHPROTDAM) bertugas membina mental bagi prajurit dan keluarga. ROHPROTDAM berkepentingan terhadap prajurit dan keluarga di Komplek Kodam yang baru pindah dari Asrama Duri. Khusus untuk warga GPIB (dahulu terdaftar di GPIB Petrus) Pdt. LETTU J. Hidelilo mengingatkan pejabat Gereja GPIB Bethania untuk mendata, melayani dan menyediakan tempat ibadahnya bagi warga GPIB pindahan tersebut. Peran Pnt. John Louhenapessy, Dkn. Benny Ririmasse dan Dkn. Ny. Julien Ririmasse, mencari dan mendata warga di Komplek Kodam dan sekitarnya.Terdapat kurang lebih 25 KK dari :

  • Komplek KODAM : 10 KK
  • Komplek AURI : 2 KK
  • Komplek Billy & Moon : 3 KK
  • Komplek Cibening, Caman : 5 KK
  • Komplek Masnaga : 5 KK

TEMPAT IBADAH I

Ke 25 KK didaftar di Jemaat GPIB “Bethania” Nama Jemaat : GPIB “Bethania” Ketua Jemaat : Nn. Pdt. P.E. Titaley, Sm.Th Lokasi : Asrama BS / Cililitan Jaktim Otonomi administratif karena tidak punya daerah pelayanan. Jemaat yang berdomisi di sepanjang Kalimalang diberi nama: JEMAAT KELOMPOK VIII DAERAH PENGEMBANGAN GPIB “BETHANIA”.

PANITIA PEMBANGUNAN

Sesuai dengan SK Majelis Sinode GPIB No. 235/79/MS.XII/Kpts tanggal 18 Juli 1979. Nama : Panitia Pembangunan Gedung Ibadah GPIB Pondok Kelapa Jakarta Timur dari GPIB “Bethania”. Personil panitia campuran dari Bethania pusat dan kelompok VIII : Ketua : Bp. Hadi Soebroto (KODAM) Wakil Ketua : Bp. Tjok Rorimpandey (Cibening) Wakil Ketua I : Bp. Frans Pauned (Bethania Pusat) Sekretaris : Bp. Timmy Warrow (Masnaga) Wakil Sekretaris : Bp. Dkn. Benny Ririmasse (Billy & Moon) Bendahara : Ibu Rose Waleleng-Maengkom (Cibening)

Anggota Panitia Dana / Pembangunan : Bp. Dr. Peter Pattinama (Billy & Moon), Bp. Willy Waleleng (Cibening), Bp. Arie Lolong (Masnaga), Bp. Marsius Sitanggang (KODAM), Bp. S.L. Tobing (AURI), Bp. C. Singaji (KODAM), Bp. Sukirno (KODAM), Bp. B.A.H. Sipasulta (AURI), Bp. Joost Pandaleke (Bethania Pusat), Bp. Frans Lydda (Billy & Moon). Anggota Pengawas : Bp. Pnt. John Louhenapessy (Caman), Bp. D.J. Octavianus (SMPN 109 KODAM).

PRA JEMAAT II (Periode 19 September 1979 – 1 Juni 1981)

Keinginan jemaat kelompok VIII agar dibuka Pos pelayanan / tempat ibadah di daerah pengembangan dengan pertimbangan : – Jarak ke gereja Bethania cukup jauh (terutama dari Masnaga) – Jalan masih belum baik – Angkutan umum masih terbatas

TEMPAT IBADAH II

Peran Pnt. John Louhenapessy, Dkn. Benny Ririmasse, Sdr. Novy Uneputty berupaya dan berhasil mendapatkan ijin / rekomendasi dari Ketua RW Komplek KODAM, Bp. Brigjen Amiruddin Syarif, SH bahwa di Komplek KODAM belum ada gereja dengan catatan sebagai tempat pembinaan rohani prajurit dan keluarga. Atas ijin / rekomendasi Ketua RW Komplek KODAM maka peran ROHPROTDAM memberi rekomendasi kepada GPIB “Bethania” untuk membuka Pos Pelayanan di Komplek KODAM (KPAD) Jatiwaringin. Rumah dengan alamat: Jl. Arteleri G-83 Komplek KODAM ditetapkan sebagai tempat kebaktian ke II, juga sebagai kantor sekretariat. Hari Minggu tanggal 19 September 1979, kebaktian perdana dilayani oleh Ketua Jemaat GPIB “Bethania”.

PERAN SMPN 109 KOMPLEK KODAM

Kepala Sekolah : Bp. Drs. D.J. Octavianus, sangat membantu dalam pembentukan pertumbuhan jemaat. Melalui beliau dapat diketahui warga GPIB dari murid-murid dan diperkenankan menggunakan fasilitas sekolah.

PRA PELEMBAGAAN JEMAAT (Periode 7 Juni 1981 – 10 Oktober 1982)

Setelah mendapat penugasan dari Majelis Sinode GPIB, bersama-sama Majelis Jemaat GPIB “Torsina”, GPIB “Kramat Jati”, GPIB “Penabur” bersedia melayani / membina jemaat daerah pengembangan. Program pendewasaan jemaat dengan kegiatan : – Menata kembali pelayanan (sensus jemaat) – Mengadakan pembinaan jemaat untuk pejabat gereja (Majelis) – Mengaktifkan Panitia Pembangunan (Team Sinodal terdiri dari) :   GPIB “Penabur” Ketua Jemaat : Pdt. D.J. Leimena Anggota : Pnt. D. Tuhuleruw, Pnt. Erents Talakua, Pnt. Polly Rahatalanit   GPIB “Torsina” Ketua Jemaat : Pdt. H. Ongirwalu Anggota : Pnt. St. Lainsamputty   GPIB “Kramat Jati” Ketua Jemaat : Pdt. J.D. Mait Anggota : Pnt. F. Mamentu Fungsionaris Sinodal : Pdt. J.A. Assa, S.Th dan Pnt. Massie

TEMPAT IBADAH III

MEMISAHKAN DIRI DARI GPIB “BETHANIA”

Peran Bp. Dr. Peter Pattinama mendapatkan rumah tanpa sewa 1 tahun dari Bp. Miarsa Naftali (Warga GKJ) sekarang Showroom Mobil Hyundai Korea. Tanggal 1 Juni 1981 ibadah terakhir di rumah Bp. Hadi Soebroto, dan kegiatan sekretariat tetap di Jl. Arteleri G-83 Komp. KODAM Jatiwaringin. Nama Jemaat : BAJEM V GPIB PENABUR Dibentuklah Koordinator Pelayanan: Bp. Drs. D.J. Octavianus, Bp. Hadi Soebroto. Dibentuklah Koordinator Pembangunan: Bp. Dr. Peter Pattinama, Bp. Samuel Maelissa, Bp. Miarsa Naftali (Consultan). Nama Jemaat Dalam pertemuan antara Team Sinodal dan Jemaat Daerah Pengembangan menyepakati bersama bahwa nama jemaat nantinya tidak akan menggunakan nama yang ada di Alkitab. Nama yang disepakati dan dipilih adalah “JATIPON” karena dimulai di JATIwaringin dan selanjutnya di PONdok Kelapa, sehingga nama menjadi: BAJEM V JATIPON GPIB PENABUR. Bulletin Jemaat Mulai 21 Maret 1982 sebagai sarana komunikasi, diterbitkanlah Warta Sepekan GPIB “Jatipon” di daerah pengembangan dengan nama “Tunas” (sehingga nantinya ada sekolah Tunas Kasih dari Yapendik Cabang GPIB Jatipon).

TEMPAT IBADAH KE IV

Koordinator pembangunan dalam usaha mencari tanah telah mendapatkan bantuan dari Kel. Samuel Maelissa. Bp. Samuel Maelissa bersedia meminjamkan tanah kavlingnya di Komplek PTB, Jl. Lidi Blok A-19/25 Pondok Kelapa.

PELEMBAGAAN (Periode 10 Oktober 1982 – 1986)

Gedung ibadah sementara beralamat di Jl. Lidi Blok A-19 / 25 Komplek PTB Pondok Kelapa. Dibangun dari bulan : Mei 1982 – Juni 1982 Mulai digunakan : Juli 1982

PELEMBAGAAN

Persiapan yang dilaksanakan adalah sensus jemaat terdapat 80 KK, penyiapan pejabat gereja (13 Penatua dan 11 Diaken). Daerah pelayanan: dari By Pass sampai Masnaga Jaka Sampurna. Panitia persiapan pendewasaan Bp. Hadi Soebroto (Ketua), Bp. Willy Waleleng (Sekretaris). Pelembagaan dilaksanakan pada hari Minggu, 10 Oktober 1982 pukul 10.00 Wib, oleh Ketua Majelis Sinode GPIB: Pdt. A.J. Sahetapy Engel, S.Th. Ketua Panitia peresmian: Bp. Pnt. Hein F. Rampen. Surat Keputusan Majelis Sinode GPIB Nomor: 1174/82/MS-XII/Kpts tanggal 5 Oktober 1982. Nama Resmi : JEMAAT GPIB “JATIPON” Wilayah / daerah pelayanan : – Utara : 2 km dari Kalimalang berbatasan dengan GPIB “Menara Iman” – Selatan : Berbatasan dengan GPIB “Pelita” (garis Assyafiiah lurus) – Barat : Jl. Pondok Bambu berbatasan dengan GPIB “Torsina” – Timur : Jalan menuju kranji Dengan adanya pembagian daerah pelayanan maka Masnaga (Jaka Sampurna) tidak termasuk GPIB Jatipon lagi, tetapi menjadi BAJEM JATIPON untuk dilembagakan selanjutnya. Catatan agar mudah diingat kapan HUT GPIB JATIPON adalah angka 10, yaitu:

  • Alamat: Jl. Lidi No. 19/25 (1+9=10, 2×5=10)
  • Peresmian pelembagaannya tanggal 10 bulan 10 tahun 1982 (1+9=10, 8+2=10).
  • Jemaat ke 10 di Jakarta Timur
  • Jemaat ke 37 di DKI Jakarta (3+7=10)
  • Jemaat ke 154 di Indonesia di 21 Propinsi (1+5+4=10)

Nama Gedung Gereja: “GETSEMANI” (Nama Getsemani diusulkan oleh Bp. Drs. Octavianus dan disetujui sebagai nama gedung gereja) IMB resmi dari Pemda Bekasi Nomor: 441/P.U.030/I-B/1987 Adalah peran Ibu Peter Pattinama, Ibu Octavianus, Ibu Ch. Sipasulta, Ibu Hadi Soebroto dan bantuan Ibu Maryam Papilaya, SH (Pemda Bekasi), Bp. Kol. Yudha Langkat (LAKSUSDA) Kegiatan Lanjutan:

  • Pendirian Yapendik Cabang Jatipon (Modal awal Rp. 2.000.000 dari Kas Jemaat)
  • Pelembagaan GPIB Gloria tanggal 3 Oktober 1983
  • Peletakan batu pertama pada tanggal 8 Mei 1986 oleh Pdt. F.W. Raintung (Sinode GPIB) di tanah yang telah dibeli dan ditandatangani oleh Dr. Peter Pattinama pada tanggal 14 Mei 1980.
  • Mulai pembangunan tanggal 10 Februari 1987
  • Pindah ke gedung gereja : Februari 1989 (Tempat Kebaktian ke V)

PASCA PELEMBAGAAN

  • Alamat: Gedung “Getsemani”  GPIB Jemaat “Jatipon”, Jl. Sekolah Kapin Gg. Gereja RT. 009 RW. 04 Kel. Jatibening Baru, Kec. Pondok Gede – Kota Bekasi 17412
  • Penyelesaian gedung ibadah (Gereja Induk) dan penyerahan dari Pemborong PT. Bangun Indah Sakti tanggal 10 Mei 1990.
  • Peresmian Gedung Ibadah “Getsemani”  GPIB Jemaat “Jatipon” tanggal 13 Mei 1990 oleh Pdt. S. Mandik, S.Th (Majelis Sinode GPIB)
  • Pembelian rumah Pastori di Jl. Damar Raya No. 62 Komp. Jatibening Dua.
  • Pembelian tanah untuk kantor jemaat dari Kel. Willy Kundimang: Bp. Djarnuzi (Ketua Panitia Pembangunan), dan peresmian pembangunan kantor oleh Pdt. O.E.Ch. Wuwungan, D.Th.
  • Pembangunan rumah Pendeta di komplek gereja: Ibu Lamria Surbakti (Ketua Panitia Pembangunan)
  • Pembelian tanah di samping kantor (untuk tempat parkir)
  • Pembelian tanah 3 kavling (menggunakan nama ibu Thelma Laluyan, Ibu Wiesje Rondonuwu, Ibu Antje Kanter)
  • Pembangunan rumah Pastori (Persembahan Kel. Bp. Edward Kanter)

Ringkasan : Tempat Kebaktian I

  • Gereja Bethania (GPIB Bethania)
  • Alamat: Asrama BS Cililitan
  • Akhir 1978 – 19 September 1979

Tempat Kebaktian II

  • Rumah Kel. Hadi Soebroto
  • Alamat: Jl. Arteleri G/83 Komplek KODAM (KPAD) Jatiwaringin
  • 19 September 1979 – 1 Juni 1981

Tempat Kebaktian III

  • Rumah Kel. Miarsa Naftali
  • Alamat: Jl. Billy & Moon Raya No. 1 Pondok Kelapa
  • 7 Juni 1981 – Awal Juli 1982

Tempat Kebaktian IV

  • Tanah Kel. Samuel Maelissa
  • Alamat: Jl. Lidi Blok A No. 19/25 Kav. PTB Pondok Kelapa
  • Juli 1982 – Februari 1989

Tempat Kebaktian V

  • Gedung Getsemani Jemaat GPIB “Jatipon”
  • Alamat: Sekolah Kapin Rt. 009/04 Kel. Jatibening Baru – Bekasi
  • Sejak bulan Februari 1989

Para Pendeta yang pernah bertugas melayani di GPIB “Jatipon” (Setelah 10-10-1982).

  • Pdt. Dominggus Jozepus Leimena (Ketua Majelis Jemaat: April 1984-1 September 1989, Emiritus: September 1989, Meninggal dunia: 4 Februari 2000).
  • Pdt. Nn. Lidya Tobing, S.Th (Hanya beberapa bulan saja, istri Pdt. C. Wairata).
  • Pdt. Paul Adrian Waney, M.Th (Ketua Majelis Jemaat: 1989-1993).
  • Pdt. Poltak Halomoan Sitorus, S.Th (Ketua Majelis Jemaat: 1993 – 1997).
  • Pdt. Nn. Gabby Manuputty, S.Th (Pendeta Jemaat).
  • Pdt. Jacob Jacobus Tomaluweng, S.Th (Ketua Majelis Jemaat: 1997-2003).
  • Pdt. Nn. Ida Anny Lontoh, S.Th (Pendeta Jemaat).
  • Pdt. Adrian Kawilarang, S.Th (Pendeta Jemaat).
  • Pdt. Irdian Soelistyantoro, S.Th (Ketua Majelis Jemaat: 2003-2007).
  • Pdt. Nn. Magdalena Manuhutu, S.Th (Pendeta Jemaat).
  • Pdt. J.Y. Sepurlira, S.PAK (Pendeta Jemaat).
  • Pdt. Max Mongkol, Drs (Teol) (Ketua Majelis Jemaat: 2007 – 2011).
  • Pdt. Nn. Sherlie Petonengan, S.Th, M.Div (Pendeta Jemaat)
  • Pdt. Yohanes Suli (Pendeta Jemaat).
  • Pdt. Ny. Meinita M.E. Wungo-Damping, S.Th,MM (Ketua Majelis Jemaat 2012 – 2020).
  • Pdt. Yeremias Amos Lombok, S.Th (Pendeta Jemaat).
  • Pdt. Amperiana Nguru, S.Th (Pendeta Jemaat)
  • Pdt. Drs. Semuel Albertus Zacharias Karinda, M.Si (Ketua Majelis Jemaat 2020 – sekarang)   

Pendeta non organik yang berdomisili dilingkungan GPIB “Jatipon” :

  • Ny. Pdt. C.A.M. Bogar-Siwy
  • Pdt. S.P. Suripatty

Ketua Panitia Pembangunan dari masa ke masa :

  1. Bp. Hadi Soebroto
  2. Bp. Dr. P.A.W. Pattinama
  3. Bp. W. Lalisang
  4. Bp. Robby Adrian
  5. Bp. B.A.H. Sipasulta
  6. Bp. Maurits Bogar
  7. Bp. John Rehatta
  8. Bp. Djarnuzi
  9. Ibu Lamria Surbakti
  10. Bp. Posma L. Tobing
  11. Bp. Budi Heryanto
  12. Bp. Yorrie Rorimpandey