SEJARAH PERTAMA ALKITAB

Dari Eden sampai Kerajaan Daud berdasarkan Sumber Y

Dibawah Daud, kerajaan Israel bersatu berjuang menjadi negara yang kokoh. Suku-suku yang tergabung di dalam kerajaan ini harus dirangkul. Sementara itu, ancaman dari luar tetap nyata, terutama yang datang dari Mesir. Oleh karena itu, dalam rangka mengokohkan kerajaan dirasa perlu disusun suatu riwayat yang menegaskan bahwa kerajaan Israel bersatu di bawah pemerintahan Daud ada sebagai kehendak Yahweh. Kerajaan ini dipilih dan diberkati-Nya untuk menjadi bangsa yang besar, yang tak kalah dengan bangsa-bangsa sekitar.

Demikianlah kesimpulan ringkas atas buku yang ditulis  oleh kedua pakar biblika, Robert B. Coote dan David Robert Ord. Mereka berupaya menelaah salah satu dokumen pembentuk Tanakh, yang dikenal dengan sumber Y. Mereka memaparkan teks-teks mana saja yang digolongkan sebagai sumber Y, menggalinya, dan memberi penafsiran atas teks tersebut, dan pada akhirnya memperlihatkan bagaimana sumber Y digunakan oleh pihak istana Daud untuk menegaskan jatidiri Kerajaan Daud dari sisi politis maupun keagamaan.

Buku ini merupakan yang pertama dari tiga judul lain yang membahas Teori sumber. Seri yang kedua berjudul demi membeli Revolusi (membahas sumber E), seri ketiga adalah sejarah Deuteronomistik (membahas sumber D), yang terakhir membahas sumber P berjudul pada mulanya.

Buku dengan judul tersebut diatas, dapat dibaca/dipinjam di Perpustakaan GPIB Jemaat “Jatipon”.


Tersedia di Perpustakaan :

Alkitab dengan Kidung Jemaat, Alkitab Lansia, Alkitab Sedang, Alkitab Kecil, Sampul Alkitab, Kidung Ceria, Pelengkap Kidung Jemaat, tas Alkitab, kaset rohani dan CD Rohani, dll.