ECCLESIA REFORMATA SEMPER REFORMANDA

Yohanes Calvin, salah seorang tokoh reformasi gereja, telah berkiprah lebih dari 500 tahun yang lalu. Pemikirannya telah digeluti oleh Gereja Protestan di seantero dunia tak terkecuali Indonesia.

Kini, lima abad setelah masa hidup Calvin, gereja-gereja di Indonesia mencoba menggumuli relevansi pemikiran Calvin tersebut di Indonesia. Seminar yang telah diselenggarakan oleh Indonesia Calvin Society pada tahun 2000 mendiskusikan bagaimana pemikiran Calvin dan tradisi Calvinis tersebut dapat memberi sumbangsih dalam perikehidupan gereja-gereja di Indonesia.

Demikianlah, dua belas tulisan dalam buku ini merangkum pembahasan dalam diskusi-diskusi tersebut, yang mencakup lima pokok pikiran:

  • Kebebasan dan Demokrasi
  • Hubungan Gereja dan Negara
  • Eskatologi dan Pengharapan
  • Eklesiologi dan Tata Gereja
  • Predestinasi dan Penderitaan umat kristen

Kedua belas tulisan di dalam buku ini, mengajak Gereja-gereja untuk menguji teologi dan praktik bergereja mereka dari sudut pandang teologi reformasi, khususnya Calvin dan membaharui yang keliru. Harapan para reformator bahwa gereja yang diperbaharui hendaknya terus-menerus memperbarui diri kiranya tetap dipegang teguh dan di wujudkan ‘Ecclesia Reformata Semper Reformanda’.

Buku dengan judul tersebut diatas, dapat dibaca/dipinjam di Perpustakaan GPIB Jemaat “Jatipon”.


Tersedia di Perpustakaan :

Alkitab dengan Kidung Jemaat, Alkitab Lansia, Alkitab Sedang, Alkitab Kecil, Sampul Alkitab, Kidung Ceria, Pelengkap Kidung Jemaat, tas Alkitab, kaset rohani dan CD Rohani, dll.