SEJARAH DEUTERONOMISTIK

Kedaulatan Dinasti Daud atas wilayah kesukuan Israel

Di dalam bayang-bayang kekaisaran Asyur, yang tampaknya makin memudar, Raja Yosia tampil dalam pentas sejarah dan memegang kuasa puncak dalam kerajaan Yehuda. Pada masa kekuasannya itu, Raja Yosia mengandalkan pembaruan atau reformasi berdasarkan hukum taurat yang “ditemukan kembali” di dalam bait Allah Yerusalem. Inilah menjadi puncak dari apa yang dikenal oleh ahli biblika sebagai Deuteronomistic History (Sejarah Deuteronomistik) yang terentang mulai dari kitab Ulangan, Yosua, Hakim-Hakim, 1 dan 2 Samuel hingga 1 dan 2 Raja-Raja.

Tentu saja kisah panjang yang dibentangkan oleh Mazhab Deuteronomistik -demikian pakar-pakar biblika menyebutnya- memiliki latar belakang dan tujuan tertentu. Demikian buku ini dipersembahkan ke tangan pembaca R.B. Coote memaparkan kepada kita bagaimana aspek-aspek politis dan religius ikut terancam dalam jalinan cerita ini, motivasi apa yang mendorong penulis sejarah Deuteronomistik, program pembaruan apa yang diangkat, dan agenda apa yang mungkin tampak dalam kaitan dengan pemerintah raja Yosia.

Secara khusus, R.B. Coote menyusun buku ini bagi pembaca Indonesia. Kiranya buku ini akan melengkapi pembaca untuk memahami seluk beluk Sumber D. Semoga buku ini melengkapi pengetahuan kita tentang teori sumber sebagai mana di bahas dalam buku yang lain, yakni sejarah Alkitab yang pertama (sumber Y), demi membela Revolusi (sumber E), pada mulanya (sumber P).

Buku dengan judul tersebut diatas, dapat dibaca/dipinjam di Perpustakaan GPIB Jemaat “Jatipon”.

  • Pengunjung Perpustakaan Bulan Desember 2017
Minggu Jumlah Pengunjung Keterangan
I 4 Orang PKP, PPT, PKB
II 5 Orang ASM, PKB
III 4 Orang ASM, PT, PKP
IV

                  

Tersedia di Perpustakaan :

– Alkitab dengan Kidung Jemaat

– Alkitab Lansia

– Sampul Alkitab

– Kidung Ceria

– Pelengkap Kidung Jemaat

– Kaset Rohani

– CD Lagu Natal

– CD Lagu-Lagu Rohani Terbaru

 

  • BUKU NYANYIAN GITA BAKTI

Telah tersedia di Perpustakaan Jatipon buku nyanyian “GITA BAKTI”. Bagi jemaat, Presbiter, Pemandu Lagu, Organis, Pianis, yang pernah memesan dan belum memiliki, silahkan menghubungi petugas Perpustakaan Jatipon (persediaan terbatas).