MEMPERTIMBANGKAN KEMBALI KEUNIKAN AGAMA KRISTEN

Ulasan buku ini terlihat jelas lahir dari suatu upaya serius membangun dialog teologi agama-agama para penulisnya yang berasal dari latar belakang berbeda di persatukan dalam berbagai tingkat ketidakpuasan terhadap proyek pluralis yang didefinisikan buku Mitos – keunikan Agama Kristen yang mendahuluinya.                                                                                                                       

Tema uraian buku fokus pada upaya mengukuhkan keunikan agama Kristen yang tetap signifikan dan  bermakna. Prespektif tersebut terjalin dalam pengertian bahwa semua agama unik, dalam arti bahwa yang satu berbeda dengan yang lainnya. Setiap agama mempunyai sejarahnya sendiri, teks-teks keagamaan praktis, kepercayaan dll. Pada level ini keunikan bukanlah hal yang problematis. Namun, kesulitannya muncul pada level teologis ketika klaim-klaim tersebut dibuat. Misalnya soal sifat definitif dan normatifitas penyataan Allah dalam kristus.

Pertanyaan utama yang diperdebatkan antara lain adalah apakah berbagai klaim Kristen mengenai keunikan itu koheren dan dapat dipertahankan serta memberikan pencerahan dalam memahami pluralitas agama? Dapatkah klaim semacam itu dibuat, sementara kita masih perlu secara sungguh-sungguh mendengarkan dan belajar dari agama-agama lain? Apakah klaim semacam itu merupakan konteks bagi kabar baik kepada dunia yang dipercayakan kepada orang-orang kristen?

Para penulis buku ini mengajak kita memasuki perdebatan tersebut dan dibalik itu mereka memperlihatkan berbagai tanggapan positif yang menggugahkan kita.

Buku dengan judul tersebut diatas, dapat dibaca/dipinjam di Perpustakaan GPIB Jemaat “Jatipon”.


Tersedia di Perpustakaan :

– Alkitab dengan Kidung Jemaat

– Alkitab Lansia

– Sampul Alkitab

– Kidung Ceria

– Pelengkap Kidung Jemaat

– Kaset Rohani

– CD Lagu-Lagu Rohani Terbaru