PELKAT PELAYANAN ANAK  (PA)

  • Ibadah Syukur HUT Pelkat PA ke 61

Ibadah syukur HUT Pelkat PA ke 61 akan diadakan pada :

Hari / Tanggal : Minggu, 6 September 2020 pukul 10.00 wib (live streaming ibadah minggu).


Pesan Majelis Sinode GPIB

Dalam Rangka HUT ke-61 Pelkat Pelayanan Anak GPIB

Segala puji dan syukur kepada Tuhan Yesus Kristus, Sahabat Anak, yang selalu menyertai kita, khususnya di tengah masa pandemi Corona Virus Disease 2019 (COVID-19). Kondisi ini mengubah banyak kebiasaan sehari-hari kita, yang dahulu dapat dilakukan di luar rumah, sekarang harus dilakukan di dalam rumah seperti belajar, bekerja, hingga beribadah. Mulai dari jemaat lanjut usia, dewasa, remaja hingga anak-anak diajak untuk mau berubah dan meningkatkan kebiasaan hidup sehat guna meminimalisir serta memutus rantai penularan virus Covid-19.

Menghadapi tantangan ini, sebagian besar jemaat telah mengupayakan kegiatan rutin seperti Ibadah Hari Minggu Pelayanan Anak (IHMPA) dapat terlaksana secara daring. Sebagian jemaat telah berkreasi melakukan kegiatan non rutin seperti kebersamaan dalam Sabtu Ceria, Lomba dalam rangka Paskah, Lomba dalam rangka HUT RI juga dalam bentuk daring serta “mengunjungi” adik-adik melalui video call. Hal ini dirasa sangat menceriakan hati anak dan orang tua di tengah kejenuhan berada di rumah saja.

Ini semua dapat terlaksana berkat para Pelayan yang mau belajar hal baru dan mengupayakan yang terbaik serta adanya dukungan orang tua dan para presbiter. Sebagian besar presbiter telah turut memotivasi, mendampingi dan memantau kegiatan Pelkat PA, bahkan sebagian turut terlibat langsung. Hal ini sangat berarti dalam memberi semangat kepada para pelayan dan anak demi memastikan pelayanan pada jemaat anak tetap diberikan secara bertanggung jawab. Di bulan September ini Majelis Sinode-Departemen PPSDI-PPK telah menyiapkan Pembinaan bagi Anak dan Pelayan dalam bentuk daring. Diharapkan kepedulian jemaat untuk membangun iman anak dapat mendorong terlaksananya kegiatan ini. Bagi jemaat yang masih mengalami kendala terkait keterampilan pelayan dalam menggunakan teknologi serta keterbatasan sarana dan prasarana, sinergi antar berbagai unsur sangat diperlukan. Solusi juga dapat diperoleh melalui koordinasi dan kerjasama lintas jemaat di lingkup Mupel.

“ANAK GPIB TAAT DAN MENJADI BERKAT” merupakan Tema yang diangkat untuk HUT ke-61 Pelkat PA sesuai Tema Tahunan GPIB Tahun 2020-2021 yaitu “MENGUATKAN TATANAN BERGEREJA AGAR MENDATANGKAN BERKAT BAGI MASA DEPAN UMAT DAN MASYARAKAT” (IBRANI 11: 8 – 10). Walau kecil, berbagai kekhasan sifat anak-anak dan ketaatan mereka dapat menjadi berkat yang luar biasa bagi keluarga bahkan bagi dunia. Oleh karenanya, mari kita menyediakan ruang dan kesempatan untuk anak dapat menghayati panggilannya menjadi berkat melalui kegiatan seperti jam doa atau pertemuan doa anak, persembahan pujian anak diberbagai kegiatan pelkat, serta publikasi karya anak berupa puisi, gambar, dsb, yang dapat memotivasi kaum lansia, orang tua, jemaat yang sakit dsb.

Tetaplah ceria adik-adik, tetaplah semangat kakak-kakak! Kiranya ketaatan dan kesetiaan kita dalam beribadah dan melayani dapat menghibur bahkan turut memulihkan dunia demi kemuliaan nama Tuhan Yesus. Selamat bersukacita untuk kita semua merayakan Ulang Tahun ke 61 Pelkat PA GPIB! Tuhan Yesus memberkati!

 

Majelis Sinode GPIB

Ketua Umum       :  Pdt. Paulus Kariso Rumambi

Ketua I                :  Pdt. Marthen Leiwakabessy

Ketua II               :  Pdt. Melkisedek Puimera

Ketua III              :  Pdt. Maureen Suzanne Rumeser – Thomas

Ketua IV             :  Pnt. Adrie P. H. Nelwan

Ketua V              :  Pnt. Mangara Pangaribuan (†)

Sekretaris Umum :  Pdt. Jacoba Marlene Joseph

Sekretaris I         :  Pdt. Elly D. Pitoy – de Bell

Sekretaris II         :  Pnt. Sheila Aryani Lumempouw – Salomo

Bendahara          :  Pnt. Ronny H. Wayong

Bendahara I        :  Pnt. Eddy Maulana SoeiNdoen

 

UNIT MISIONER MAJELIS SINODE GPIB 2015-2020 DEWAN PA

Tanti Tiendas, Benino Aipassa, Putri Tumelap – Panduu, Giathika Dailapasa, Ester Pattinama – Terroe

Christian Dethan, Benaya Sulistyono, Anasthasia Mandik, Viena Sitaniapessy

PELKAT PERSEKUTUAN KAUM PEREMPUAN (PKP)

  • Ibadah Pelkat PKP Gabungan :

Hari / Tanggal    :  Senin, 7 September 2020

Pukul                   :  18.00 Wib

Pel. Firman        :  Pdt. Ny. Amperiyana Nguru

Liturgos              :  Ibu Hotryanti Sidabutar

Pianis                 :  Sdri. Dina Christina

Pemandu Lagu  :  Dkn. Ny. Rosna Meckel


  • Ibadah Terpadu ke-3 Pelkat (PKLU, PKP, PKB) akan diadakan pada :

Hari / Tanggal    :  Sabtu, 19 September 2020

Pukul                   :  10.00 Wib – selesai

Pel. Firman        :  Pdt. Semuel Albertus Zacharias Karinda

Liturgos              :  Ibu Julien Wardhana, Ibu Shirley Sanoe, Bp. Burhanudin

Organis              :  Sdri. Melana Nguru

Pemandu Lagu  :  Ibu Emmy Maitimoe dan Ibu Lisa Santoso