• IBADAH SABTU PAGI

Kami mengundang kehadiran setiap anggota jemaat dalam ibadah pagi bersama di setiap akhir pekan Sabtu jam 06.00 wib. Dalam ibadah ini kita melakukan sharing dari pembacaan Alkitab Perjanjian Lama yang direnungkan mulai dari kitab Kejadian secara berurutan, pasal per pasal dan juga dalam ibadah ini kita saling mendoakan. Kita menjadi pendoa pergumulan saudara kita, persekutuan dan pelayanan dalam Jemaat, Negara dan Bangsa serta masih banyak hal yang lain di luar diri kita.

Bagi anggota jemaat yang rindu memahami isi Alkitab lebih dalam dan yang terbebani untuk mendoakan dan didoakan oleh saudara seiman. Marilah datang, kami menyambut saudara dengan senang hati. Tuhan memberkati kita dan pelayananNya.

Jadwal Ibadah Sabtu pagi bulan November-Desember 2019

Tanggal/Bulan

 Pelaksana

Ayat Bacaan

Pelayan Firman

 14 Desember 2019

Sektor VI

Nehemia 11 s/d 12 : 1 – 47

  Pdt. Ny. Meinita Wungo-Damping

Sehubungan dengan kegiatan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 maka ibadah Sabtu pagi akan dimulai kembali pada hari Sabtu tanggal 18 Januari 2020. 


  • MINGGU ADVEN

Syalom! Selamat memasuki minggu-minggu Adven bagi kita semua! Minggu-minggu Adven merupakan kesempatan bagi kita untuk merenung, dan mempersiapkan kehidupan pribadi serta keluarga dalam menantikan hari peringatan Kelahiran Tuhan Yesus Kristus (Natal). Pada masa Minggu Adven I-IV, pemberitaan Firman Tuhan akan disajikan dalam bentuk khotbah serial. Secara utuh, khotbah serial ini akan mengantar kita kepada pemahaman iman yang mendalam tentang rencana keselamatan yang dinyatakan Allah bagi umat manusia. Berikut judul-judul khotbah serial dalam minggu-minggu Adven :

Minggu Adven I – 1 Desember 2019

            Bacaan : Yesaya 52 : 7-10

            Tema    : “Pembawa Kabar Damai”

 

Minggu Adven II – 8 Desember 2019

            Bacaan : Habakuk 3 : 17-19

            Tema    : “Kesetiaan Iman”

 

Minggu Adven III – 15 Desember 2019

            Bacaan : Zefanya 3 : 16-20

            Tema    : “Sukacita Menggema”

 

Minggu Adven IV – 22 Desember 2019

            Bacaan : Maleakhi 4 : 1-6

            Tema    : “Surya Kebenaran”


PENYALAAN LILIN ADVEN

KRANS BUNGA ADVEN

  • Suatu tradisi yang indah dari Adven ialah penerangan lilin-lilin di dalam lingkaran kran hijau (Adven Wreath). Krans tersebut dapat digunakan di Gereja, maksud dari krans adalah untuk mendalami arti Natal. Dari Minggu Adven I – IV dan malam Natal, krans hijau itu bertumbuh dalam keindahan dan menerangi sekitar sampai ditempatkannya kembali krans tersebut di pohon Natal. Pohon Natal itu sendiri menjadi simbol Kasih Kristus dan kehidupan kekal
  • Krans yang berbentuk lingkaran dengan hiasan dan daun-daunan hijau menggambarkan kasih Allah yang kekal, kasih yang tidak akan pernah berakhir itu ditemukan dalam diri Yesus Kristus. Lilin yang menghiasi krans tersebut menunjuk kepada Yesus Kristus, Anak Allah yang adalah Terang Dunia. Di tengah krans ditempatkan satu lilin putih besar yang mengartikan kehadiran Kristus. Disekitar lilin putih Kristus itu ditempatkan 4 (empat) lilin biasa yang berwarna ungu, biru, merah muda dan putih.

 

PENYALAAN LILIN DI DALAM LINGKARAN KRANS

Lilin pertama berwarna ungu, dinyalakan pada Minggu Adven Pertama

Lilin pertama tersebut berarti Kedatangan. Sambil menyalakan lilin pertama itu kita merenungkan kelahiran dan kedatangan kembali Yesus Kristus, Tuhan kita.

Lilin Kedua berwarna biru, dinyalakan pada Minggu Adven Kedua

Lilin kedua tersebut berarti Kesetiaan. Sambil menyalakan lilin kedua itu kita merenungkan kesetiaan Tuhan kita Yesus Kristus untuk menyempurnakan Gereja dan kerajaanNya.

Lilin Ketiga berwarna merah muda, dinyalakan pada Minggu Adven Ketiga

Lilin ketiga tersebut menunjuk kepada Yohanes Pembaptis yang menyatakan Kemuliaan Kristus Sambil menyalakan lilin ketiga itu kita merenungkan peranan Yohanes pembaptis yang mempersiapkan jalan bagi Kristus.

Lilin keempat berwarna biru, dinyalakan pada Minggu Adven Keempat

Lilin keempat tersebut menunjuk kepada Maria, Ibunda Yesus dan Hamba Allah yang taat. Dalam minggu keempat itu kita merenungkan peranan Maria yang taat dan setia serta dipilih Allah untuk melahirkan Yesus sebagai Anak dalam wujud manusia.

Lilin kelima, yang bertanda di tengah krans tersebut adalah lilin besar berwarna putih.

Dinyalakan pada Malam Natal, 24 Desember. Lilin kelima tersebut menunjuk kepada Yesus Kristus, Terang Dunia. Dengan penyalaan lilin Kristus itu kita memasuki Natal Kelahiran Yesus. Namun kita tak lagi merenungkan kehadiranNya sebagai bayi, tetapi sebagai Tuhan dan Juruselamat Dunia.


Kelas Katekisasi pra pemberkatan PERKAWINAN

Diinformasikan bahwa bagi pasangan yang akan melangsungkan pemberkatan perkawinan (di tahun 2020), supaya mendaftarkan diri untuk mengikuti katekisasi pra perkawinan di kantor sekretariat setiap hari kerja. Nama-nama yang sudah mendaftar antara lain :

  1. Glennardo
  2. Indri Purwaningsih
  3. Susanti Nainggolan & calon
  4. Hendra Walukow
  5. Ketty Rawis
  6. Dian Shinta Anggraeni
  7. Billy Ferdinandus
  8. (siapa menyusul)

PENEGUHAN SIDI

Pada hari Minggu, 15 Desember 2019 ibadah jam 10.00 Wib akan dilaksanakan peneguhan sidi, untuk:

  • Edgar Paul Kanter
  • Jeshurun Eliezer Cussoy

( Mohon melengkapi berkas; formulir, akte lahir, surat baptis * )


Katekisasi KHUSUS

Dibuka pendaftaran kelas katekisasi khusus (untuk yang mau nikah, yang sudah nikah belum sidi, karyawan, mahasiswa). Yang sudah mendaftar, antara lain:

  1. Sedah Rahayu Isnumurti
  2. (siapa menyusul)

(Persyaratan; mengisi formulir, akte lahir, surat baptis, yang bukan anggota jemaat GPIB ”Jatipon” mohon melengkapi surat keterangan gereja asal).


  • Jadwal Katekisasi Reguler :

Tanggal/Bulan

Materi

Pengajar

Jumat

13 Desember 2019

Ibadah Persekutuan Orang Percaya

  Pdt. Ny. Amperiyana Nguru

Jumat

20 Desember 2019

Doa, Puasa dan Retreat

  Pdt. Ny. Amperiyana Nguru

Jumat

10 Januari 2020

Nyanyian Ibadah dan Musik Gereja

  Pdt. Ny. Amperiyana Nguru

 


  • PEMBERITAHUAN PELAYANAN BAPTISAN

Sehubungan minggu ketiga adalah jadwal Mupel dan minggu keempat adalah jadwal Jabansi, diinformasikan kepada jemaat sesuai Peraturan Pelaksanaan Majelis Jemaat (PPMJ) bahwa Sakramen Baptisan Kudus Anak dijadwalkan setiap minggu kedua kecuali bulan Desember dijadwalkan tanggal 26 Desember.

Bagi keluarga yang akan membaptiskan anaknya diminta agar menyesuaikan dengan jadwal yang sudah ditetapkan minggu kedua. Kami mengalami kesulitan ketika harus menyesuaikan dengan jadwal keinginan keluarga yang dikaitkan dengan ulang tahun anak dan atau acara keluarga lainnya.

Mohon pengertian dari seluruh jemaat agar jadwal ibadah minggu yang sudah ditetapkan dapat berjalan dengan baik. Adapun persyaratan baptisan, sbb :

  1. Akte Kelahiran (Anak)
  2. Akte Perkawinan (Orangtua)
  3. Surat Nikah Gereja (Orangtua)

 

SAKRAMEN BAPTISAN KUDUS

Sakramen Baptisan Kudus anak akan diadakan pada Ibadah Natal II (26 Desember 2019 pukul 10.00 Wib). Nama-nama yang sudah mendaftar antara lain:

  1. Audrey Jocelin Manopo

          (Anak dari Bp. Daniel Imanuel Ismail dan Ibu Jein Ariany Manopo, Sektor II)

  1. Sharon Aksha Damamain

          (Anak dari Kel. Bp. Ronaldo Ignasius Damamain dan Ibu Injilina Ibrania Togas, Sektor XIV)

  1. William Ezra Mulia

          (Anak dari Kel. Bp. Romi Mulyadi Hasiholan dan Ibu Yuliana Katarina, Sektor XIV)

  1. Samuel Luther Hutasoit

          (Anak dari Kel. Bp. Ishak Pratama Putra dan Ibu Devi Andriany, Sektor XV)

  1. (siapa menyusul)

 

(Persyaratan; mengisi formulir, akte lahir, akte perkawinan, surat nikah gereja, yang bukan anggota jemaat GPIB ”Jatipon” mohon melengkapi surat keterangan gereja asal).